money ? don't care and don't know :(

galz, aku lagi ada masalah sama yg namanya HEMAT. :(
help me please !
masalah ngehemat uang ngga dateng sekali dua kali, lebih malah (ngaku gitu :p). hhehe ~

so in this time i just want to share how to using money well.
(smg bisa dijalani, soalnya aku tau and niat, but don't wanna do it :D)

1. Catat Pengeluaran Dan PEMASUKAN kalian :
Beli satu note kan ga menghabiskan uang, jadi mending kalian pake salah satu note kalian buat catetan ini. Biasanya kita akan lebih jaga uang kalo tau ternyata pengeluaran kita lebih banyak dari pemasukannya, dan lebih tau kita bisa nabung berapa peser uang setiap bulannya. :)



2. Belilah BEBERAPA celengan untuk keperluan yang BERBEDA:
misalnya dalam satu waktu yang bersamaan, kalian menginginkan beberapa barang berbeda. kalian bisa menggunakan celengan celengan tersebut untuk menaruh uang yang akan kalian pakai membeli barang tersebut nantinya. EXAMPLE: kalian ingin membeli boneka, tas prada dan sebuah laptop. setiap har kalian bisa memasukkan uang itu ke dalam celengan, dan memasukkan uang sedikit lebih dari celengan lain untuk keperluan mendesaknya. tapi, jangan lupa untuk tidak MEMBOBOL celengan tersebut yaaa :D


3. Minta pertolongan teman dekat atau keluarga:
kalian yang sangat cepat menghabiskan uang pasti beralasan "karena aku rasa uang jadi tak ada gunanya kalau tidak dipakai". cara ini alternatif yang baik untuk kalian yang seperti itu. minta teman "menyimpan" uang kalian yang tidak kalian tau, atau minta orangtua memegang uang bulanan kalian selama belu perlu digunakan. *cara yg kurang efektif tp lumayan :)


yang aku tau cuma 3 cara ini yang efektif :)
memang pernah nyoba sih, tai tanganku selalu gatel buat bobol celengan dan suka kelupaan nyatet di note -_-
cara nomer 3 belum kucoba karena belum punya orang yang dipercaya untuk menyimpan uangku :p semoga berhasil untuk kalian!
semoga punya tips tambahan juga ya, comment aja di post ini ;)

No comments:

Post a Comment